Jumat, 27 Juli 2012

Virus satu klik dapatkan hati alice

Alice, nama yang bagus, tapi tak sebagus kelakuannya. Oh iya, maksudnya disini bukan menyinggung orang (manusia), tetapi ini adalah nama virus yang sedang hangat dibicarakan di forum Smadav (www.smadaver.com), karena ada user yang melapor (konsultasi virus) bahwa file dokumennya hilang entah kemana (yang padahal tidak kemana-mana, so, ikuti saja artikel ini sampai selesai!). ;)
Bayangkan apa jadinya jika mahasiswa semester akhir (S1) kehilangan dokumen (.doc) bahan skripsinya, sedangkan bahan tersebut sudah tinggal cetak saja maka skripsinya selesai, namun terancam gagal S1 karena virus ini, sungguh sangat menyebalkan, bukan?
Karakteristik Virus

Virus ini hanya memiliki ukuran sekitar 8 KB, dengan eksternsi .vbe. Dari icon memang terlihat seperti virus VBS (.vbs) biasa, tetapi karena ini berekstensi .vbe (VBScript Encoded Script File) maka virus ini berbeda dengan virus .vbs pada umumnya, virus ini terenkrip sehingga souce codenya tidak bisa terbaca dengan mudah.
Untuk mempelajari teknik ini, bisa Anda ke rumahnya langsung di => http://www.vbs2exe.com/encrypt-vbs.html
Untuk mengetahui berbagai macam ekstensi, missal ekstensi .vbe ini tadi di => http://dotwhat.net/vbe/22/

Ini, lihat script atau source codenya, tidak karuan, bukan? Hal ini karena source code program ini terenkripsi, hal ini dilakukan agar virus ini tidak mudah dianalisa oleh Malware Analyst seperti kami.
Penyebaran
Virus ini menyebar ke setiap root dari drive yang ada dengan nama “alice.alc” dengan menggunakan “autorun.inf” sebagai pemicunya.

Menggandakan Diri
Seperti kebiasaan virus pada umumnya, virus ini juga mengandakan diri pada komputer yang berhasil ia infeksi, bertempat di :
  • C:\WINDOWS\system32\drivers\alice.sys
  • C:\Documents and Settings\[nama user]\Local Settings\Temp\alice.sys
Menyamar sebagai file Driver, yang padahal sebenarnya adalah file VBE.
Aksi Virus
Tak puas menyebar dan menggandakan diri, virus ini pun memanipulasi data yang ada seperti :
  • .doc
  • .docx
  • .htm
  • .html
dan menggantinya menjadi dirinya.
Pada file .doc, virus ini akan menyembunyikan file yang sebenarnya dan ia menyamar atau menggandakan dirinya menjadi file .doc tadi yang padahal sebenarnya adalah file .vbe
Sedangkan pada file .htm maupun .html, virus ini akan memodif file asli (.htm atau .html tadi) menjadi ekstensi .hta, dan menyisipkan perintah VBScript didalamnya. Ingat, ia memodif file asli, mengubah ekstensi menjadi .hta, menyisipkan perintah VBScript dibawah dari code HTML asal, berbeda dengan file .doc tadi yang ia sembunyikan dan dia buat samarannya.

Registry
Virus ini juga memanipulasi registry agar user tidak bisa melihat ekstensi file yang ada, menghilangkan Folder Option, menghilangkan Run, memblok Task Manager, Registry Editor, System Restore, dan sebagainya.
Oh iya, virus ini juga mengubah nama komputer menjadi ALICE.

Bersihkan dengan Smadav rev. 8.8.4
Dengan Smadav rev. 8.8.4, kita teidak perlu lagi takut kehilangan dokumen kita karena ulah jahil si Alice ini tadi. Karena Smadav akan membunuh virus ini sampai keakarnya, memperbaiki kerusakan pada registry, dan mampu memunculkan kembali file dokumen yang sebelumnya telah disembunyikan oleh virus tadi.
Silakan download Smadav di www.smadav.net
Sebelum :



Sesudah :



 


sumber: smadav

Ditulis Oleh : annash mobilepc // 08.08
Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

-Silahkan tinggalkan komentar agar admin dapat berkunjung balik

-Jika anda follow blog ini,maka blog anda akan segera saya follow

-Blog ini DOFOLLOW jadi silahkan gunakan fasilitas name/URL untuk mendapatkan backlink

-Blog ini tidak menggunakan Kode Verifikasi dan Moderasi

-Silahkan Berkomentar Sesuai isi artikel dengan bahasa yang sopan

 
annash mobilepc. Diberdayakan oleh Blogger.